Karya Lukisan Affandi Sun, Feet and Hands, 1979 di Lelang

Ini adalah lukisan karya Affandi, seorang maestro seni rupa Indonesia yang namanya sudah mendunia. Lukisan Dengan Judul Matahari, Tangan, dan Kaki ini dibuat pada tahun 1979.

Lukisan ini memiliki goresan cat yang kuat dan sangat ekspresif yang menjadi karakteristik Affandi. Lukisan yang menggambarkan matahari, tangan dan kaki ini selalu disematkan oleh Affandi sebagai simbol di setiap karya yang menjadi favoritnya.

Bagi Affandi Matahari merupakan manifestasi dari semangat hidup, kaki merupakan ungkapan simbolik dari motivasi untuk terus melangkah maju dalam menjalani kehidupan. dan tangan menunjukkan sikap yang tegas dalam berkarya, dan merealisasi segala idenya

Lukisan ini punya warna yang kontras antara objek yang tegas dan latar belakang berwarna merah yang sangat berani, namun tetap terlihat harmonis dalam satu kesatuan.

Masih dengan karya dari Maestro Affandi yang selanjutnya kita bahas adalah lukisan berjudul Perahu Jukung yang dibuat pada tahun 1975. Berbeda dengan lukisan sebelumnya, lukisan satu ini menggambarkan objek yang lebih mudah dicerna oleh mata orang awam.

Lukisan ini menggambarkan objek perahu jukung yang sedang bersandar di tepian pantai dan beberapa sosok Nelayan yang tengah sibuk dengan aktivitasnya. Dengan latar belakang pemandangan laut yang luas dengan alunan deburan ombak.

Pada lukisan ini sangat terlihat kesederhanaan sang Maestro dengan memilih tema yang merakyat, serta menjunjung tinggi nilai budaya tradisional Bangsa Indonesia. Perahu Jukung sendiri sangat erat dengan kehidupan Nelayan tradisional Nusantara, dan unsur tersebut yang ditangkap oleh Affandi yang kemudian dituangkan diatas kanvasnya.

Dengan gaya ekspresionis yang sangat khas, Affandi berhasil menunjukkan semangat dari para Nelayan yang telah berjuang menghadapi ganasnya lautan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *