Lelang Online Lukisan Langka karya Srihadi Soedarsono Menjadi Rebutan di Masterpiece Auction

Lelang online MASTERPIECE: Souheast Asian, Chinese, Modern & Contemporary Art yang dimulai dari tanggal 16 September 2021 telah berakhir pada tanggal 5 October 2021 lalu. Pada lelang tersebut terdapat berbagai karya dari para pelukis terkemuka Asia Tenggara, pelukis terkenal asal Indonesia seperti Affandi, S. Sudjojono, Basoeki Abdullah, Ahmad Sadali, dan lain sebagainya.

Lelang tersebut menghadirkan beberapa lukisan yang sangat langka, salah satunya adalah lukisan berjudul Abstract karya Srihadi Soedarsono. Karya pelukis Indonesia yang namanya sudah mendunia itu dibuat pada tahun 1957.

Lukisan Abstract menjadi rebutan dari banyak kolektor, hal itu memang sangat wajar mengingat lukisan tersebut memang sangat langka. Karena sangat sulit mendapatkan karya dari Srihadi dengan tahun setua itu dengan kondisi yang masih sangat baik.

Srihadi Soedarsono – Abstrak, 1957

Lukisan ini adalah salah satu karya lama dari Srihadi Soedarsono dengan perpaduan gaya kubisme yang didapatkannya saat menempuh pendidikan di Bandung dan abstrak figuratif geometris yang ia dapatkan ketika berada di Bali. Karya Srihadi seperti ini memang sangat sulit kita jumpai pada masa sekarang yang lebih mengarah ke ekpresionisme.

Karya ini tidak hanya menyajikan kemampuan teknik seni yang luar biasa dari seorang Maestro, namun juga memiliki nilai sejarah dari perjalanan kesenirupaan yang telah ditempuh oleh Srihadi Soedarsono. Sehingga tidak mengherankan karya yang satu ini pada akhirnya terjual dengan harga yang fantastis pada lelang Masterpiece Auction kemarin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *