Ir. Soekarno Presiden Yang Memajukan Seni Rupa Indonesia

Siapa yang gak kenal dengan Ir. Soekarno, bapak pembangunan, Presiden pertama bapak dari bangsa, putra sang fajar, penyambung lidah rakyat, dan masih banyak julukan itu membuktikan bahwa Ir. Soekarno, sangat disegani tidak hanya oleh rakyat tapi oleh bangsa lain.

Ir. Soekarno & Perupa Indonesia

Tapi dari semua julukan di atas ada satu julukan yang tersembunyi yaitu sebagai “PATRON” seni rupa di Indonesia. Dimulai dari tertarik dengan kesenian dan kebudayaan Indonesia. Ir. Soekarno juga memiliki mata yang hebat untuk bisa menilai suatu karya seni yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan lebih jauh.

Patron di sini tidak hanya memberi dukungan dana tapi memberikan ilmu, arahan, pelatihan untuk mengangkat nama perupa Indonesia. Beberapa cara yang di gunakan antara lain.

1. Soekarno bekerjasama dengan pelukis asing yang ternama seperti Adrien Jean Le Mayeur De Merpres, untuk membimbing dan belajar dengan pelukis Indonesia. Tujuan nya untuk mendapatkan refrensi seni luar sehingga membuka wawasan seni rupa di Indonesia

2. Soekarno menggunakan seni rupa sebagai media diplomasi. Beliau merupakan presiden pertama yang menggunakan seni rupa sebagai salah satu alat diplomasi ketika di undang ke negeri lain, atau pemimpin manca negara datang di Indonesia. Seni rupa dari pelukis yang dia tunjuk diberikan sebagai hadiah sehingga karya perupa Indonesia secara langsung dipajang di mancanegara.

3. Pedekatan personal kepada pelukis dan pematung. Tercatat lebih dari 50 pelukis dan pematung yang dekat dengan Soekarno, kedekatan inilah yang membuat para seniman tertular semangat dan energi Soekarno sehingga mereka rajin mengembangkan karya mereka.

Tanpa intervensi Soekarno mungkin Indonesia akan kehilangan Land Mark seperti Patung Selamat Datang, patung pancoran dan Museum National di Jakarta. Dan jika tanpa intervensi Soekarno lukisan karya Maestro seperti Affandi, Hendra Gunawan, S. Sudjojono dan yang lainnya tidak akan bisa bersaing di mancanegara.

Beberapa karya seni yang dikoleksi oleh Presiden Soekarno bisa kalian temukan di Gallery Nasional Indonesia, karena karya tersebut merupakan harta Negara.

Jika itu masih belum cukup, kalian bisa lihat karya-karya yang dikoleksi oleh Bung Karno pada buku literatur Painting and Statues from the Collection of President Soekarno of The Republic of Indonesia Vol I-II yang dibuat oleh Dullah dan Painting and Statue from the collection of Pres. Soekarno Vol I-V yang dibuat oleh Lee Man Fong.

Kedua literature tersebut masih menjadi acuan kolektor dalam mengapresiasi karya seni hingga saat ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *