Art Review – Raden Saleh British Marine Vessel in Heavy Weather

Ini adalah karya dari maestro Indonesia Raden Saleh dengan judul British Marine Vessel in Heavy Weather, tahun 1840. Lukisan ini menunjukan ke sempurnaan Raden Saleh dalam melukis aliran Romanticism.

Romanticism atau Romantisme dalam Bahasa Indonesia Adalah aliran yang populer di eropa barat pada abad 17. Banyak sekali yang mengira kata dasar aliran ini adalah romantis, tapi sebenarnya kata dasarnya diambil dari kata ROMAN. Roman adalah seni yang berkaitan dengan perang atau penjajahan pada masa romawi.

Tetapi masuk abad 18 seorang penyair menggunakan istilah romantisisme dalam puisinya. Untuk menunjukan pemikiran yang sangat expresif dan spontanitas, pengertian inilah yang menyebar luas di eropa.

Beberapa contoh pelukis romantisisme adalah Caspar David Friedrich, Eugene Delacroix, Gustave Courbet, Francisco Goya dan masih banyak lagi. Melihat beberapa contoh tadi lalu apa beda nya dengan luksian realist?

Perbedaan serta ciri khas dari romanticism adalah hyberbola dalam menunjukan perasaan sang pelukis. Hal tersebut dicapai melalui warna dan pengambaran latar belakang atau situasi yang seperti mimpi. Walau begitu tetap mengikuti aturan realita artinya semua ada di dunia nyata.

Mari kita ambil contoh real dari lukisan pertama yaitu “British Marine Vessel in Heavy Weather”. Melihat lukisan ini atmosfer adrenalin dan perjuangan langsung terasa.

Raden saleh mencapai itu dengan beberapa cara. Pertama beliau ingin kita fokus ke titik tengah lukisan, terdapat kapal dengan posisi yang sangat miring yang diterjang ombak tinggi.

Penegasan fokus ini dilukakan melaui warna dimana warna lebih terang digunakan di area kapal untuk memberikan efek spotlight,  ditambah Raden Saleh memposisikan kapal ini di tepat di tengah lukisan untuk mempertegas bahwa kapal ini sedang berada di tengah-tengah lautan.

Lalu padangan kita seakan diarahkan ke depannya, terdapat barrel kapal yang hanyut di lautan. Menandakan usaha dari crew untuk membuat kapal terapung. Tetapi awan sangat gelap di gambarkan di bagian depan kanan kapal menunjukan bahwa para crew harus tetap berjuang.

Namun di bagian kiri dimana kapal menuju terdapat langit biru terang yang terlihat dengan  kapal yang berhasil berlayar jauh di depan nya memberikan secerah harapan.

Lukisan karya Raden Saleh ini dilelang sebelumnya pernah dilelang di Amsterdam pada tahun 2013. Bagi yang ingin memilikinya kalian punya kesempatan untuk mengikuti lelang karya dari Raden Salen ini hanya di Masterpiece Auction.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *