Henk Ngantung Pelukis Mantan Gubernur Jakarta

Banyak yang mengenal nama Henk Ngantung karena pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 1964-1965. Padahal jauh sebelum jabatan itu dinobatkan, ia sudah menjalani dunia seni rupa sebagai pelukis yang mengawali karirnya secara otodidak. Sosok Henk Ngantung kerap mendapat perhatian dari kritikus seni. Tidak hanya dari karya lukisannya, namun juga dari aspek sosial budaya serta aspek politis yang tumbuh dan berkembang dalam dirinya.

Memanah, 1943

Salah satu lukisan Iconik karya Henk Ngantung adalah lukisan berjudul “Memanah” yang dibuat pada tahun 1943. Lukisan tersebut pernah menjadi latar belakang Presiden Soekarno pada saat konferensi pers proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945. Dikisahkan lukisan ini menggunakan wajah Marius Ramis Dajoh, seorang sastrawan ternama Indonesia dan dipadukan dengan model tangan dari Presiden Soekarno.

Lukisan ini merupakan salah satu dari sekian mahakarya lukisan yang terpampang di Istana Negara Republik Indonesia sampai saat ini.

Ia kerap dilibatkan oleh Soekarno sebagai pewarta dan membuat sketsa atau ilustrasi para tokoh serta situasi ketika menghadiri agenda perundingan. Goresan tangannya ini merupakan salah satu saksi sejarah perjuangan bangsa. Dari sketsa wajah Majapahit yang bisa di temukan di buku Pendidikan, patung Gajah Mada di halaman kompleks Mabes Polri. Tugu Pak Tani, Tugu Pembebasan Irian Barat di Lapangan Banteng dan Tugu Selamat Datang. Semua itu bersumber dari sketsa yang dibuat oleh Henk Ngantung.

Henk Ngantung – Landscape, 1978

Karya Henk Ngantung selanjutnya berjudul “Landscape” yang dibuat pada tahun 1978. Pada lukisan ini menggambarkan keindahan salah satu pesisir pantai Indonesia dengan pepohonan yang meneduhkan dari pancaran teriknya matahari. Pasir putih yang selaras dengan birunya lautan merupakan perpaduan keindahan yang memanjakan mata. Deburan ombak mengayun indah di tepian lautan yang tenang, memperlihatkan gradasi warna yang menenangkan hati dan pikiran. Lukisan ini dapat ditemukan pada salah satu lelang online MASTERPIECE Auction bulan Desember 2021.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *